November 28, 2023

Penulis: Yanto_Qwil

Jakarta – BUSERBHAYANGKARA.TV.COM

Memperingati 115 Tahun Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2023, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menggelar upacara bendera secara langsung yang diikuti oleh seluruh jajaran Pegawai Rutan Kelas I CIpinang serta Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapangan Terbuka Rutan Cipinang secara sederhana dan khidmat.

Bertindak sebagai Inspektur upacara yaitu Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali. Upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih, serta dilanjutkan dengan mengheningkan cipta bersama untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berperan penting dalam kebangkitan nasional Negara Republik Indonesia.

Pada upacara Kebangkitan Nasional ini, Inspektur upacara menyampaikan pidato dari Menteri Komunikasi dan Informatika dengan mengusung tema “Semangat Untuk Bangkit”.

Mengawali pidatonya, Sukarno Ali mengatakan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

“Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa”, ujar Inspektur upacara meneruskan pesan Menkominfo.

Lebih lanjut, Dengan semangat yang sama, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak.

Dengan adanya peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini, hendaknya seluruh jajaran Rutan Kelas I Cipinang dapat memaknai semangat pantang menyerah yang dimiliki Dr. Sutomo sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia, serta bergerak untuk bangkit bersama.

Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, Belajar, Bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan Semangat Untuk Bangkit!

(Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *