Juni 18, 2024

Buser Bhayangkara Tv. Jakarta – Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi (STMA) Trisakti kembali menggelar HRD Gathering ke 18 dengan tema “Strategi Pemenuhan Talent Asuransi dan Aktuaris dalam Industri Perasuransian” bertempat di Auditorium STMA Trisakti, Jalan Jend. Achmad Yani, Jakarta Timur, Selasa, 29/8/2023.

Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Awak media berkesempatan mewawancarai Ketua STMA Trisakti, Dr. Antonius Anton Lie, SE, MM, dan mengatakan harapannya dari kegiatan ini.
“Seperti tahun-tahun lalu dimana setiap tahun kita mengadakan gathering. Adapun harapannya dari kolaborasi antara kita dengan perusahaan asuransi yang juga bergerak di bidang perasuransian mendukung mahasiswa ini untuk dapat magang di perusahaannya,” katanya dengan ramah.

Lebih lanjut, Dr. Antonius Anton Lie, SE, MM, menjelaskan tentang program magang.
“Adapun program magang kami ada tiga yang sudah dijalankan yaitu, Pertama yang sudah dari dahulu yaitu magang beasiswa.
Jadi maksudnya yang masuk kelompok ini adalah mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi tetapi memilih mempunyai kemampuan intelektual dimana mereka kuliah di D3 Asuransi Kerugian dan juga D3 Asuransi Jiwa dimana biaya mereka berkuliah dibayar oleh perusahaan dan mereka juga bekerja di perusahaan sejak dia kuliah selama 3 tahun,” sambungnya.

Dr. Antonius Anton Lie, SE, MM, menjelaskan bahwa Mahasiswa bekerja selama 3 hari dan sekarang 4 hari bekerja dimulai dari hari Senin hingga hari Kamis dan hari Jumat. Sabtu kuliah fulltime, sehingga setiap hari Jumat Sabtu perkiraan ini ramai oleh mahasiswa.

“Adapun perusahaan juga memberikan uang saku selama 3 tahun kepada mahasiswa. Kedua, Magang Prestasi.
Mahasiswa yang magang kemudian dikontrak oleh perusahaan selama 2 tahun atau 3 tahun magang lalu perusahaan memberikan uang saku selama mahasiswa tersebut berkuliah dan juga mahasiswa tentunya mendapatkan pengalaman sehingga kuliahnya menjadi lebih mudah,” jelasnya.

Tak luput, Dr. Antonius Anton Lie, SE, MM, menceritakan perihal kedatangan Ketua PAI (Persatuan Aktuaris Indonesia).
“Tadi kita mengundang Ketua Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), Ade Bungsu, FSAI, mereka adalah badan yang mengeluarkan sertifikat, yang menyelenggarakan ujian sertifikasi profesi untuk menjadi aktuaria dan kita bekerja-sama berkolaborasi dengan seluruh perguruan tinggi yang ingin maju seperti yang tercantum di papan depan.
Lalu kita juga buka S3, dimana S3 kita adalah bekerja-sama dengan Universitas Trisakti, jadi kuliahnya bisa di sini dan bisa juga di Universitas Trisakti Tetapi semua perizinan dan sertifikatnya ada di Universitas Trisakti,” bebernya.

Jadi sebenarnya, sambungnya, orang yang kuliah di dalam program kerjasama ini adalah orang-orang dari kalangan insurance yang kita persiapkan mereka untuk bisa mengajar nanti di kuliah S2 kami.
“Untuk mengajar Kuliah S2, kita perlu Doktor tapi karena Doktor yang minatnya sedikit jadi Doktor yang pintar dan mau berbakti untuk mengajar S2, kami persiapkan untuk segera menjadi Doktor (S3) supaya berguna bagi orang yang belajar mengajar pada program asuransi.
Jadi pada program konsentrasi kita ini jadi S2 umumnya manajemen dan ada konsentrasi berbagai macam seperti aktuaria juga ada konsentrasi asuransi umum, ada konsentrasi SDM, dan konsentrasi manajemen risiko, dan itulah yang kita persiapkan,” tuturnya.

Dr. Antonius Anton, Lie, SE, MM, juga berharap.
“Kita mau maju ke depan, saya tidak mau yang biasa-biasa saja agar selalu ada hal baru yang sifatnya selalu berkolaborasi antara mahasiswa dengan dosennya kemudian antara mahasiswa dengan pengusaha, serta Mahasiswa dengan Perusahaan dan sebagainya.
Maka kita buka di pojok-pojok itu, kita buka butik, harapan mereka bisa stay di sini, Sambil memperkenalkan perusahaan asuransi dan lain sebagainya, Ya seperti itu, Jadi tadi pesertanya peserta asuransi semua ya,” ungkapnya.

“Sebanyak 57 perusahaan hadir dalam acara ini dengan jumlah peserta 89 orang,” terangnya.

(Red – Sobi) Bbtv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *