April 21, 2024

Jakarta.BUSERBHAYANGKARA.COM

Pada Rabu, 28/2/2024, Presiden Joko Widodo menganugerahkan pangkat istimewa Jenderal TNI Kehormatan kepada Menteri Pertahanan Letjend (Purn) Prabowo Subianto. Kontribusi jasa dan dedikasi Menhan Prabowo di bidang keamanan dan pertahanan negara dipandang luar biasa.

Lazim dan jamak di berbagai negara, orang atau tokoh berprestasi mendapat penghargaan atas karya, prestasi dan dedikasinya. Penghargaan dapat berupa hadiah materi, sertifikat, medali, dan lain sebagainya. Selain itu, di kalangan pegawai negeri bisa mendapatkan anugerah berupa kenaikan golongan, atau di kalangan TNI-Polri berupa kenaikan pangkat.

Penganugerahan pangkat, golongan atau bentuk penghargaan lainnya dimaksudkan agar pihak penerima semakin giat semangat dan optimal dalam menjalankan tugas dan misi yang diembannya. Pada saat yang sama hal itu dimaksudkan agar kolega dan masyarakat luas lebih bersemangat untuk berlomba berbuat terbaik untuk masyarakat bangsa melalui karya di bidang profesinya masing-masing. Intinya kerja keras dengan hati pada saatnya akan berbuah manis.

Penghargaan serupa pernah didapatkan antara lain oleh; Jenderal (purn) Susilo Bambang Yudhoyono, Jenderal (purn) AM. Hendro Priyono, dan Jenderal (purn) Luhut Binsar Panjaitan.

Kontribusi Prabowo dalam memimpin pertahanan dan keamanan negara terlihat menonjol terutama terkait perhatian terhadap kesejahteraan, kesehatan, pendidikan dan peningkatan mutu alutsista TNI.

Atas penganugerahan itu, Prabowo Subianto menerima ucapan selamat dari berbagai pihak, termasuk kompetitornya pada Pilpres 2004, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Kedua tokoh itu berharap Prabowo bisa menjaga kehormatan TNI. “Selamat buat Pak Prabowo, mudah- mudahan bisa menjaga kehormatan angkatan bersenjata,” ujar Anies. Selanjutnya “… Selamat, semoga bisa menjadi pengabdian” sambung Cak Imin.

Perbedaan pandangan politik, bahkan kompetitor dalam kontestasi Pilpres hendaknya tidak mengurangi semangat persaudaraan, silaturahim dan komunikasi antar tokoh bangsa.

Sementara itu, organ “Sentral Gerakan SOKSI for Prabowo-Gibran” berharap penganugerahan pangkat kepada Prabowo Subianto juga semakin memacu semangat generasi muda. “…Penghargaan ini bukan hanya kepada Bapak Prabowo pribadi, tetapi juga motivasi kepada segenap generasi muda,” pungkas Valentino Barus.(Tim/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *