April 25, 2024


 
buserbhayangkaratv. Jakarta – Semangat keunggulan pendidikan di Indonesia semakin bersinar pada awal tahun 2024, khususnya melalui keberhasilan siswa-siswi, guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi asuransi dalam gelaran Olimpiade Asuransi & Aktuaria serta Kompetisi Pemberian Literasi Asuransi Tingkat Nasional yang ke-2. Acara prestisius ini, yang sukses digelar pada Senin, 4 Maret 2024, di STMA Trisakti, Jakarta, mempersembahkan catatan prestasi yang membanggakan.

Pada tingkat siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA), para peserta berhasil memperoleh medali dalam dua kategori yaitu Olimpiade Asuransi dan Aktuaria. Hal ini menunjukkan keunggulan dan dedikasi mereka dalam memahami serta mengaplikasikan konsep-konsep asuransi dan aktuaria. Pencapaian ini tidak hanya menggambarkan potensi intelektual para siswa, tetapi juga mencerminkan kualitas pendidikan di Indonesia yang terus berkembang.

Salah satu yang jadi sorotan dari ajang ini adalah ketangguhan siswa-siswi dalam menyelesaikan tantangan-tantangan kompleks yang dihadapi dalam menjawab soal-soal pada Olimpiade Asuransi dan Aktuaria. Mereka tidak hanya menunjukkan pemahaman mendalam terhadap materi, tetapi juga mampu menjelaskan materi  tersebut dalam situasi praktis.

Total peserta Olimpiade Asuransi dan Aktuaria pada tahun 2024 ini berjumlah 276 peserta dari 64 sekolah yang tersebar di 15 Provinsi di Indonesia. Berikut daftar pemenang Lomba Olimpiade Asuransi yaitu juara satu Erin Virginia dari SMAS Katolik Santo Petrus Pontianak, Juara dua Davin Leslie Yanwirya dari SMAS Katolik Santo Petrus Pontianak, juara tiga Vincent Farrelius dari SMAS Katolik Santo Petrus Pontianak, Juara harapan satu yaitu Nadhif Aristo dari SMAN 14 Jakarta, Juara harapan dua Dewi Larashati Nabila dari SMAN 2 Bekasi, Juara harapan tiga Cintia Ceren dari SMAS Santo Paulus Pontianak.
Sedangkan pemenang dari lomba Olimpiade Aktuaria yaitu Juara satu Stephanie Jesslyn dari SMAS Katolik Santo Petrus Pontianak, juara dua Christiano Arie Hananto dari SMAS Katolik St Albertus Malang, juara tiga Nathanael Levi Gunawan dari SMAS Kristen 5 Penabur Jakarta.

Tidak hanya itu, dalam Kompetisi Pemberian Literasi Asuransi Tingkat Nasional pada kategori guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi asuransi juga berhasil menyuguhkan kreativitas tinggi dalam menyampaikan informasi mengenai asuransi kepada masyarakat. Melalui berbagai presentasi dan proyek literasi, mereka berhasil mengedukasi tentang pentingnya perlindungan asuransi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami agar Masyarakat tahu bahwa pentingnya asuransi sebagai sebuah kebutuhan bukan suatu pilihan.

Pada Finalis kompetisi literasi asuransi tingkat Nasional yang kedua kali ini, antusiasme peserta tidak hanya terbatas pada wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, melainkan mencakup berbagai daerah di seluruh Indonesia. Peserta hadir dari Kota Palembang, Pekanbaru, Banjarmasin, Malang, Yogyakarta, Bali, dan Kupang turut berpartisipasi aktif, menunjukkan keterlibatan yang luar biasa.  Dalam atmosfer kompetisi yang penuh semangat dan antusias, para finalis dari berbagai daerah tersebut mempresentasikan karya literasi asuransi mereka dengan penuh dedikasi. Setelah melalui proses penilaian yang ketat, akhirnya, panitia berhasil menentukan daftar pemenang Lomba Kompetisi Pemberian Literasi Asuransi Tingkat Nasional yang ke-2.

Berikut daftar pemenang Lomba Kompetisi Pemberian Literasi Asuransi Tingkat Nasional yang ke-2 dari empat kategori yakni ;

KATEGORI MAHASISWA
Juara pertama Regina Claudia dari Universitas Gadjah Mada, juara kedua Adhan Haidar Hakim dari IPB University, juara ketiga Priscila O.G Limbong dari Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti.
 
KATEGORI GURU SMA/SMK/MA
Juara pertama Ni Komang Meriyanti dari SMAN 3 Singaraja, juara kedua  Budi Asri Ritonga dari SMA Islam As-Shofa Pekanbaru, Juara ketiga ⁠Atiyatul Mawaddah  dari SMK Negeri 4 Jember.
 
KATEGORI DOSEN
Juara pertama Khabib Musthofa dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasi, juara kedua Antonius Kapitan dari Unika Widya Mandira Kupang, juara ketiga Fanny Novika Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti.
 
KATEGORI PRAKTISI ASURANSI
Juara pertama Hanief Syaefullah dari PT Asuransi Allianz Life Indonesia, Juara kedua Susy Yang dari Mitraca, juara ketiga Andi Adimas dari PT Manulife Indonesia.

Ketua STMA Trisakti, Dr. Antonius Anton Lie SE, MM, menyampaikan apresiasi tinggi terhadap prestasi gemilang yang telah diraih oleh para siswa-siswi, guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi asuransi “Prestasi ini bukan hanya kebanggaan bagi sekolah, tetapi juga bagi bangsa Indonesia. Kami berharap prestasi ini akan menjadi inspirasi bagi generasi mendatang untuk terus mengejar keunggulan dalam bidang asuransi dan aktuaria,” ujarnya.

Prestasi yang diraih siswa-siswi, guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi asuransi Indonesia dalam ajang Olimpiade Asuransi & Aktuaria serta Kompetisi Pemberian Literasi Asuransi Tingkat Nasional yang kedua, ini membuktikan bahwa potensi dan bakat siswa-siswi Indonesia juga pemahaman oleh guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi asuransi Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain.
“Dengan dukungan dan pendidikan yang terus meningkat, diharapkan akan muncul lebih banyak prestasi gemilang dari generasi penerus” ujarnya.

Dalam sorotan kegiatan ini, terungkap bahwa keberhasilan acara tersebut juga berasal dari kehadiran pakar-pakar asuransi yang turut serta sebagai juri. Acara yang dihelat untuk menguji kecerdasan dan pemahaman peserta. Sehingga acara ini tidak hanya menjadi panggung prestasi, tetapi juga menjadi tempat bertemunya pengetahuan dan pengalaman dari para ahli di industri ini.

Keberadaan pakar-pakar asuransi sebagai juri memberikan dimensi yang tak tergantikan pada keseluruhan kompetisi. Tanpa kehadiran mereka, acara ini tidak akan mencapai tingkat ketajaman dan relevansi yang sama dalam menguji kemampuan peserta.

Para pakar tersebut tidak hanya menjalankan peran sebagai penilai, tetapi juga menjadi mentor tak resmi yang memberikan wawasan berharga kepada para peserta. Adapun nama-nama pakar dari bidang asuransi dan aktuaria yang menjadi juri pada acara Olimpiade Asuransi dan Aktuaria adalah
Bidang Asuransi:

  1. Firdaus Djaelani (Presiden Komisaris PT. Indoperkasa Suksesjaya Reasuransi (INARE), Komisioner OJK Tahun 2013 s/d 2017)
  2. Bambang S. Antariksawan (Analisis Senior Perencanaan Pengembangan Evaluasi Literasi & Edukasi Keuangan OJK Pusat)
  3. Budi Herawan (Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI))
  4. Kapler Marpaung (Dewan Kehormatan Asosiasi Ahli Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APARI))
  5. Dikarioso Sabirin (Ketua Umum Asosiasi Penilai Kerugian Asuransi Indonesia (APKAI))
  6. Erizal (Dosen STMA Trisakti)
    Bidang Aktuaria:
  7. Benny Hadiwibowo (Exam Committee Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI))
  8. Handayani Utomo (Consulting Actuary KKA Nurichwan, Ketua Kurikulum Persatuan Aktuaris Indonesia Periode 2021-2023)
  9. Budi Marsanto (Dosen STMA Trisakti, Deputi Direktur Direktorat Pengendalian Kualitas Perusahaan Asuransi, Dana Pensiun & Penjaminan OJK)
  10. Sri Rahayu (Alumni STMA Trisakti, Wisudawan terbaik dari yang terbaik, Tim Teknologi dan Informasi Al-Amin Insurance)
     
    Sedangkan nama-nama juri pada Kompetisi Pemberian Literasi Asuransi Tingkat Nasional adalah sebagai berikut:
    a. Kategori Guru
  11. Yohanes Jhony Kurniawan, S. Pd., M. M (Dosen STMA Trisakti)
  12. Robidi, S. H., M. H (Dosen STMA Triskati)
  13. Bachtarino Bau (Perwakilan IKA AKASTRI STMA Triskati)
     
    b. Kategori Mahasiswa
  14. Citra Pusparini, SE. As (Operation Group Head at PT. Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk)
  15. Wahyuari, S. E., M. M (Dosen STMA Trisakti)
  16. Dr. Agus Muharam (Independent Commissioner PT Capital Life syariah)
     
    c. Kategori Dosen
  17. Masdar, M. Sc (Finance Director at PT. Avrist General Insurance)
  18. Bayu Widdhisiadji, S. E., M. M (Komisaris Utama Independen PT Asuransi Umum SeaInsure)
  19. Kocu Andre Hutagalung, M. M (Presiden Direktur PT. Reasuransi MAIPARK Indonesia)
     
     
    d. Kategori Praktisi Asuransi
  20. Ir. Eduardus Agus Setya Dharma, M. M (Direktur PT. Asuransi Wahana Tata)
  21. Dr. Benny Hadiwibowo, M. M (Exam Committee Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI))
  22. Ir. Maria Bernadetha S. Widiasusanty, M. Sc (Loss Adjuster PT. McLarens Indonesia)

Dalam suatu puncak kecerdasan dan prestasi, Olimpiade Asuransi dan Aktuaria tahun ini memperlihatkan bakat luar biasa dari para peserta. Sebagai seorang juri yang terlibat dalam dunia asuransi dan aktuaria, kami menyaksikan pertunjukan luar biasa dari generasi muda Indonesia. Para pakar asuransi dan aktuaria yang menjadi juri profesional di acara ini mengakui bahwa peserta olimpiade menunjukkan tingkat kecerdasan yang mengagumkan dalam menjawab soal kompleks yang diajukan oleh para juri.

Khususnya, Kapler Marpaung, selaku Dewan Kehormatan Asosiasi Ahli Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APARI), memberikan komentar positif yang patut dicatat. Beliau menyatakan kagumnya terhadap kecerdasan para finalis, menyebut mereka sebagai anak-anak cerdas Indonesia yang harus mendapatkan dukungan dalam pemahaman mereka terhadap dunia asuransi dan aktuaria.

Pujian lebih lanjut datang dari juri lainnya, yang mencatat bahwa meskipun para finalis masih berstatus siswa/siswi SLTA, kemampuan mereka dalam menjawab soal-seolah-olah telah melampaui pengalaman seorang praktisi perusahaan perasuransian yang telah bekerja selama 5-10 tahun. Bahkan, Bapak Kapler Marpaung menyatakan bahwa para finalis tidak kalah dalam kemampuan dengan praktisi yang sudah lulus AAAIK/J atau APAI.

Olimpiade ini tidak hanya menjadi ajang untuk menguji kecerdasan, tetapi juga menjadi panggung bagi bakat-bakat muda yang memiliki potensi besar dalam industri asuransi dan aktuaria. Dengan prestasi mereka yang luar biasa, para finalis menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya yang tertarik untuk mengeksplorasi dan memahami dunia yang kompleks ini.

Semoga keberhasilan ini menjadi pendorong bagi generasi muda Indonesia untuk terus berkembang dan berprestasi di berbagai bidang. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan acara ini, serta selamat kepada semua pemenang dan peserta yang telah berpartisipasi dengan semangat yang tinggi.
 
Selamat kepada seluruh siswa-siswi Indonesia yang telah meraih prestasi cemerlang pada gelaran Olimpiade Asuransi & Aktuaria serta Kompetisi Pemberian Literasi Asuransi Tingkat Nasional ke-2 yang diselenggarakan di STMA Trisakti, Jakarta, pada Senin, 4 Maret 2024. Prestasi ini tentu menjadi suatu kebanggaan bagi bangsa dan mencerminkan dedikasi serta kemampuan yang luar biasa dari para peserta.
Acara ini juga tidak akan berhasil tanpa dukungan dari sponsor-sponsor terkemuka dalam industri asuransi. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh sponsor kami:

  1. PT Asuransi Bangun Askrida
  2. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia
  3. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)
  4. PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya
  5. PT Asuransi Bosowa
  6. PT Reasuransi MAIPARK Indonesia
  7. PT Asuransi Askrida Syariah
  8. PT Asuransi BRI Indonesia
  9. PT Asuransi Dayin Mitra Tbk
  10. PT Asuransi Sahabat Artha Proteksi
  11. BPJS Kesehatan
  12. PT Asuransi Jiwa BCA Life
  13. LSP-MKS
  14. PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero)
  15. PT Asuransi Wahana Tata
  16. PT Tugu Reasuransi Indonesia
  17. PT Taspen Life
  18. Asosiasi Ahli Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APARI)

Dengan kolaborasi yang kuat antara pendidikan, industri, dan para pemangku kepentingan lainnya, kami berharap dapat terus menciptakan peluang dan mendukung perkembangan masa depan industri asuransi dan aktuaria di Indonesia. (Jes/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *