April 21, 2024

Buser Bhayangkara Tv. Kayong Utara – Pada hari ini, Sabtu Tanggal 30 September 2023, sekira pukul 08.00 Wib s.d selesai, telah dilaksanakan Kegiatan Senam Lansia di Desa Satai Lestari Kec. Pulau Maya Kabupaten Kayong Utara, dasar hukum Pelaksanaan Kegiatan adalah Surat keputusan menteri kesehatan Republik Indonesia Nomor.25 Tahun 2016 tentang Rencana aksi Nasional Kesehatan Lanjut Usia.

Sementara Adapun jadwal kegiatan pelaksanaan Posyandu Lansia rutin dilaksanakan berupa kegiatan pemeriksaan kesehatan dari medis Puskesmas tanjung satai setiap 1 kali dalam 1 bulan, berupa Cek denyut nadi/jantung, gula darah, kolesterol dll, Senam lansia kita laksanakan ini dalam sebulan sebanyak 4 kali, setiap hari Sabtu, yang mana kita laksanakan setiap akhir pekan dan pembagian susu kalsium dan susu deabetes kita berikan berdasar hasil pengecekan kesehatan yang dilakukan dari pihak puskesmas tanjung satai.

Adapun jumlah yang ikut posyandu lansia sebanyak 55 orang peserta terdiri dari :
Laki-laki sebanyak 3 peserta
Perempuan sebanyak 52 peserta, dan Team medis yang melaksanakan kegiatan pengecekan kesehatan, yaitu dari Puskesmas Tanjung Satai, antara lain :

  1. Lingga (konseling)
  2. INDRI (perawat)
  3. KASMADILAWATI (perawat)
  4. SRI (BIDAN DESA)
    Terus dari kader Lansia:
  5. Lilis suryani
  6. Hajayati
  7. Kamariyah

Sementara dari Kapolsek Pulau Maya Karimata IPDA SR.Sembiring yang hadir langsung ikut serta dalam acara kegiatan Posyandu Lansia, untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan Program Pemerintah di tingkat Pemerintah Desa
Kapolsek PMK IPDA SR .Sembiring juga menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini adalah merupakan suatu hal kegiatan yang Positive, dan Kegiatan Posyandu Lansia ini berupa kegiatan Program Pemerintah yang sudah direncanakan dalam Aksi Nasional Kesehatan Lanjut Usia, yang tertulis di dalam Program Menteri Kesehatan Republik Indonesia, berdasarkan Surat Keputusan Menkes RI, nomor 25 tahun 2016, tentang Rencana Aksi Nasional Kesehatan Lanjut Usia.

Sehingga Polri wajib hukumnya mendukung Program Kebijakan Pemerintah, serta Agenda Nasional secara Optimal dan bertanggung jawab penuh atas Kegiatan Kebijakan Pemerintah baik di tingkat Pemerintah Pusat, maupun ditingkat Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa (Pemdes), selain itu Kapolsek Pulau Maya Karimata IPDA SR.Sembiring, juga
menjekaskan , ” Tujuan Pelaksanaan Kegiatan ini dilaksanakan guna menyehatkan Masyarakat desa yang sudah lanjut Usia, dan tujuan penting pelaksanaan kegiatan ini adalah guna pencegahan penyakit, dan menurunkan angka kematian akibat berbagai macam penyakit yang diderita karena sudah Lanjut Usia.

Selain itu juga kegiatan ini merupakan program Nasional yang saat ini sedang dipusatkan di setiap Provinsi baik di tingkat Pemda maupun sampai di tingkat Pemdes untuk ikut mensukseskan Pelaksanaan Kegiatan mensukseskan Senam Lansia di Desa Satai Lestari Kec. Pulau Maya Kabupaten Kayong Utara, dan selama pelaksanaan kegiatan dilaksanakan situasi dalam keadaan Aman dan Kondusif, Tutup Kapolsek Pulau Maya Karimata IPDA SR.Sembiring

(Red – Hadi) Bbtv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *