Maret 4, 2024

Jakarta – BUSERBHAYANGKARA.TV.COM

Dr. Daniel SH, SE, MH, MM sukses mendapatkan gelar Doktor dengan hasil Sangat Memuaskan (Cum Laude).

Disertasinya Mengangkat tentang “Konstruksi Perlindungan Hukum Terhadap Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Sektor Swasta Dalam Perspektif Keadilan”. Menganalisis substansi hukum tenaga kerja di Indonesia dan menganalisis perlindungan hukum tenaga kerja tidak tetap dalam perspektif keadilan.

Dr. Daniel Wijaya Napitupulu, SH, SE, MH, MM, dengan nomor induk mahasiswa (NIM) 21730397 usai sidang mengatakan sebagai orang Medan (Sumatera Utara / Sumut) 4 bersaudara terharu.
“Sangat terharu karena sidangnya dihadiri oleh orang tua, keluarga, sanak famili dan hadai taulan serta juga rekan-rekan bisnis, pengacara dan lain lain,” ujarnya.

Walaupun lulusnya agak lama dua tahun lebih karena hasil penelitian lambat surat menyurat menunggu jawaban seperti ke perusahaan, Dinas Tenaga Kerja dan buruh.

“Dengan pencapaian nilai Cum Laude merasa bangga, semoga anak bangsa yang lain bisa mencontoh hal ini, bahwa saat ini pendidikan tidak mahal,” tambahnya.

Daniel sosok yang perlu dicontoh di usia 33 tahun., beristrikan boru Nainggolan berhasil meraih gelar Doktor (S3), Tercatat sebagai Doktor ke 202 dari program Pasca Sarjana Universitas Borobudur.

Hasil penelitian menemukan fakta bahwa tenaga kerja tidak tetap seringkali mendapatkan diskriminasi. Tercermin dari perbedaan mendasar antara pekerja tetap dengan pekerja tidak tetap. Seperti penerimaan gaji pokok yang belum sesuai upah minimum, serta belum ada kontrak kerja yang menjamin hak dan kewajiban para tenaga kerja tidak tetap. Selain itu, fasilitas BPJS Ketenagakerjaan yang didapat tenaga kerja tidak tetap, seringkali bukan dalam bentuk tunjangan melainkan dalam bentuk potongan terhadap gaji pokok.

Hadir para penguji lainnya antara lain, Promotor Prof. Faisal Santiago, Ko-Promotor Ahmad Redi, Rektor Universitas Borobudur Prof. Bambang Bernanthos, Penguji Internal Prof. Abdullah Sulaiman dan Boy Nurdin, serta Penguji Eksternal Prof. Zainal Aridin Hoesein.

Sidang terbuka promosi Doktor Daniel, di Universitas Borobudur, Kalimalang, Jakarta Timur, Selasa (7/11/23).

(Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *