Juni 18, 2024

Penulis: Yanto_Qwil

Jakarta – BUSERBHAYANGKARA.TV.COM

Banyak upaya yang telah dilakukan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang dalam rangka penyelenggaraan layanan makanan bagi Tahanan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sehingga banyak Lapas dan Rutan yang melakukan studi tiru ke Dapur Sehati Rutan Cipinang.

Kali ini, Dapur Sehati dikunjungi oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Bandung. Tujuan dari kunjungan ini sebagai studi tiru terhadap salah satu inovasi Rutan Kelas I Cipinang, yaitu Dapur RUCI SEHATI (Dapur Rutan Cipinang Sehat, Enak, Higienis, Amanah, Terampil dan Indah), Senin (13/11/2023).

Dapur RUCI SEHATI merupakan hasil transformasi dan inovasi yang telah dibuat oleh Rutan Kelas I Cipinang atas capaiannya dalam perubahan serta perbaikan dapur sehingga dapat meningkatkan layanan pemenuhan makanan sehat bagi warga binaan dan yang telah diresmikan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan pada 23 agustus 2023 silam.

Kedatangan Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Bandung, Tri Winarsih beserta rombongan disambut baik oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali beserta jajarannya. Mengawali kegiatan studi tiru, Rutan Cipinang dan Lapas Perempuan Bandung melaksanakan diskusi dan sharing untuk menggali informasi dalam rangka meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat dan warga binaan.

Kemudian rombongan di ajak untuk melihat langsung ke area Dapur untuk meninjau fasilitas dan inovasi yang dilakukan oleh Rutan Cipinang. Setibanya di area Dapur, rombongan melakukan dokumentasi foto sarana prasarana dan ada juga berkomunikasi tanya jawab dengan petugas yang bekerja dibagian dapur mengenai penyediaan makanan dari mulai pemilihan bahan makanan, cara membersihkan baik bahan makanan atau kebersihan lingkungan, memasak, menyajikan sampai pendistribusian makanan kepada warga binaan.

Dalam kesempatan ini, Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Bandung, Ibu Tri Winarsih memberikan apresiasi yang luar biasa terkait sarana dan prasarana serta desain dapur Rutan Cipinang. “Saya merasa senang karena telah melihat secara langsung seluruh area dapur Rutan Cipinang yang desainnya terlihat modern, bersih dan rapih dari mulai sarana dan prasarana, penataan peralatan, kebersihan koki serta pengelolaan instalasi untuk pembungan limbah dapur, semoga dapur Rutan Cipinang bisa menginspirasi seluruh UPT Pemasyarakatan di Indonesia, khususnya di Lapas Perempuan Bandung,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali juga mengucapkan terimakasih atas kedatangannya dan jadikan moment kunjungan ini sebagai motivasi dan ajang belajar bersama untuk memberikan pelayanan terbaik baik bagi masyarakat dan Warga Binaan,” tandasnya.

(RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *