Mei 21, 2024

Buserbhayangkaratv.com, Jakarta – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali memberikan arahan khusus kepada jajaran terkait pengamanan. Dalam pelaksanaan Apel Timbang Terima Regu Jaga, Kepala Rutan menegaskan pentingnya memastikan keamanan dan ketertiban di dalam rutan menjelang perayaan Idul Fitri, Minggu (7/4/2024).

Dalam arahannya, Sukarno Ali menekankan pentingnya meningkatkan kewaspadaan dan memperketat pengamanan guna mencegah potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi. Ia juga menegaskan pentingnya Implementasikan Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju dan back to basics saat melaksanakan tugas dan jalin sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum setempat untuk membantu pengamanan menjelang hari raya Idul Fitri.

“Kita harus siap siaga dan tidak boleh lengah dalam menghadapi situasi yang mungkin timbul selama perayaan Idul Fitri. Kewaspadaan dan kerja sama antar petugas sangatlah penting untuk memastikan keamanan dan ketertiban di lingkungan rutan serta sekitarnya,” kata Sukarno Ali

Selain mengimplementasikan 3 + 1 Kunci Pemasyarakatan Maju, perayaan hari raya Idul Fitri ini menjadi momen kita dalam memberikan pelayanan yang baik kepada para warga binaan dan keluarganya yang berkunjung di hari perayaan Idul Fitri. “Kita harus memberikan pelayanan terbaik, dan untuk para petugas tetap menjaga sikap profesional serta ramah dalam memberikan pelayanan kepada semua pengunjung,” pesannya.

Usai diberikan penguatan, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Febrian Sony bersama jajaran Pengamanan langsung menindak lanjuti arahanya dengan melakukan pengecekan sarana dan prasarana keamanan, pengecekan area blok hunian, pengecekan aliran listrik dan air, serta pengecekan area rawan sekitar Rutan Cipinang.

“Semua anggota Pengamanan harus semakin giat melakukan trolling serta deteksi dini, hal ini salah satu kunci dari Pemasyarakatan maju dan ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga keamanan serta ketertiban di dalam Rutan menjelang Idul fitri Tahun 1445 H,” ujar Febrian Sony

Sementara itu, dalam rangka menyikapi Cuti Bersama serta libur Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H / 2024 M, Rutan Kelas I Cipinang juga memastikan kembali keamanan lingkungan kerja dengan melaksanakan pemeriksaan atau sterilisasi ruangan kerja (listrik, air, komputer, lampu, dan sebagainya). Setelah dilakukan pemeriksaan, Petugas yang memeriksa seluruh ruangan kerja di Rutan Kelas I Cipinang diberi tanda atau segel bahwa ruangan ini telah diperiksa kemanannya.

Sterilisasi ruangan dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran karena konsleting listrik. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pengamanan kantor selama cuti bersama dan libur Idul Fitri sebagaimana arahan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Ham.(sbr/jes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *